Rabu, 23 Mei 2012

PENGGUNA BAHASA OGAN


SEBARAN WILAYAH PENGGUNA BAHASA OGAN

Bahasa Ogan selanjutnya kita sebut Base Ugan adalah bahasa yang di pakai atau bahasa ibu di daerah Ogan Ulu atau Kabupaten Ogan Komering Ulu. Penutur bahasa ini tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten OKU.

Selain di wilayahnya sendiri penutur Base Ugan bisa kita jumpai pula di Peropinsi tetangga yaitu di Propinsi Lampung. Base Ugan dapat kita Jumpai penuturnya di kampung-kampung sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera dari Kecamatan Bukit Kemuning sampai Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Base Ugan bisa kita jumpai penuturnya pada kampung : Bukit kemuning, Tanjung Waras, Sukamarga/Talang Pris, Pulau Panggung/Napalbelah, Ogan Lima, Negeri Besar/Bunglai, Jembatan/Talang Jerambah dan Kampung-Kampung Lainnya dalam Kabupaten Lampung Utara. 
Di wilayah Kabupaten Way Kanan Base Ugan bisa kita jumpai Penuturnya di Kecamatan Kasui dan Kecamatan Banjit serta di Kampung Kayu Batu Kecamatan Gunung Labuahan Kabupaten Way Kanan. Di Kota Metro Lampung dapat kita jumpai juga penutur Base Ugan pada beberapa kampung. Di Kabupaten Tanggamus penutur Base Ugan bisa kita jumpai di beberapa kampung dalam Kecamatan Talang Padang, Gisting, Pulau-Panggung dan Kota Agung Tanggamus. Untuk wilayah Lampung Selatan penutur Base Ugan bisa kita jumpai di Kecamatan Palas. Sedangkan di Kabupaten Mesuji Lampung Bahasa Ogan yang dipakai adalah Bahasa Ogan Dialek Pegagan.

1 komentar:

  1. dari 12 kecamatan di kabupaten oku menurutku ada 2 kecamatan yang bukan pemakai bahasa ogan yaitu:kecamatan lengkiti bahasa komering daya,kemudian kecamatan sosoh buay rayap pengguna bahasa daya dan bahasa campuran.

    BalasHapus